• Funny Info I

    Kumpulan fakta dan info yang pastinya sayang kalau gak dibaca lanjut mang..

  • Suram Tak Berujung

    Suram saat liburan ditambah tempat yang makin suram jadinya apa ya? lanjut mang..

  • Galaunya Orang Galau

    Saat kegalauan butuh diobati. Penyakit baru yang dialami remaja masa kini lanjut mang..

  • Hei Buaya, Kumakan Kau!!!

    Penasaran? ayo dibaca lanjut mang..

  • Jika Aku Ke Jepang?

    Apa aja tempat menarik yang bisa dikunjungi kalo ke Jepang? Liat di sini lanjut mang..

  • Kutoarjo Tempat Pertama Kali Gue Kenal "Baso Kawi"

    Baso kawi itu apa ya? lanjut mang..

  • Welcome to Malioboro!!

    Banyak yang gue temuin saat berkunjung ke Malioboro lanjut mang..

Minggu, 24 Juni 2012

Berkunjung Ke Candi Prambanan

Candi Roro Jonggrang atau yang dikenal Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Lokasi Prambanan sendiri gak begitu jauh dari Bandara Adi Sutjipto Jogja sekitar +- 20 menit perjalanan menggunakan sepeda motor. Gue punya saran kalo kalian berkunjung ke Prambanan, persiapkan perlengkapan seperti sunblock, topi, kaca mata hitam dan kalo perlu payung karena suasana di sana lumayan panas.
Sesampainya di Komplek candi Prambanan kalian bisa langsung memarkir kendaraan di parkiran yang letaknya gak jauh dari jalan raya. Sebelum memasuki tempat pembelian tiket masuk, kalian dapat melihat toko-toko cinderamata yang ada di dekat parkiran. Toko-toko di sini lumayan banyak, dari yang menjual pakaian, souvenir, minuman, makanan, dll.




Tiket masuk komplek Candi Prambanan adalah Rp 30.000,- per orang. Komplek Candi Prambanan terdiri dari banyak candi seperti Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Ratu Boko, Candi Sewu, dan banyak lagi yang gue gak hafal namanya. Saat memasuki kawasan Prambanan, seperti yang gue bilang di sana panas banget!! Gue Cuma modal nekat gak pake sunblock apalagi persiapan laen jadi lumayan belang-belang kulit gue.

Kawasan Candi Prambanan juga masih meninggalkan candi-candi yang belum dipugar. Batu-batu besar dari candi pun masih banyak berserakan di Sekitar komplek Candi Prambanan. Sekedar info, banyak turis asing yang datang ke Prambanan dan mereka dipandu oleh guide dari Indonesia yang akan menjelaskan mengenai Prambanan dengan bahasa asal mereka seperti Inggris atau Prancis.





Ternyata daerah Prambanan ada yang teduh juga loh. Ada juga posko air minum gratis khusus untuk turis asing. Gue sempet nemuin seorang seniman di dalam galeri seni pahat yang keren. Ada juga jalur khusus sepeda untuk wisatawan yang menggunakan sepeda. Ada juga hewan-hewan yang dipelihara oleh pengelola Candi Prambanan seperti rusa dan burung kasuari.






Jika berminat, kalian bisa berkunjung ke Museum Prambanan. Biaya untuk masuk museum ini free jadi gak dipungut biaya. Di bagian depan, kalian bias melihat gamelan full set dengan seorang sinden dan biasanya suka ada pertunjukan gamelan di sini.

Di sekitar museum ini banyak terdapat patung-patung dari reruntuhan Candi Prambanan. Sedangkan bagian dalam museum terdapat artefak-artefak peninggalan jaman Prambanan. Ada juga tata cara pemahatan candi, kisah dalam relief candi, dan kepala-kepala patung dewa atau budha. Di bagian lain museum ini juga menceritakan tentang proses penemuan sampai pemugaran Candi Prambanan.









Sebenernya gue masih pengen jalan-jalan ke candi lain di komplek Prambanan, tapi memang capek banget. Kalo aja bisa semua candi dikunjungi pasi puas banget hehehe.


-=Gambar Lainnya=-

Gambar Lainnya:






































1 komentar: